Jadi SR itu Susah-Susah Gampang

Sebuah tulisan oleh Wuri Anjar Winanti

SR dibaca Sunrice Rangers

Sebenarnya pertama kali mendengar ‘sebutan’ itu, aku tuh berasa kembali ke masa lalu deh! Gimana nggak teringat coba?! Aku tuh dulu senang sekali sama yang namanya ‘satria baja hitam’, ‘ultramen’, dan sebangsanya, termasuk ‘power rangers’! haha.. Sayangnya tenyata SR kostumnya bukan seperti yang di tokoh-tokoh itu. Kostum SR *menurut ku sih ya* lebih mirip satpol PP, Hansip, dan sebangsanya. Ijo-ijo gimana gitu tetapi tetap keliatan gagahnya kok! \(^o^)/

Sesuai dengan judul, memang pernah sih dengar celetukan-celetukan “diterima jadi SR tuh susah banget lohh..!Gak tahu ini lebay (majas : hiperbola) atau gimana, cuma menurut pengalamanku, itu emang ada benernya, ada juga salahnya..

[faktanya #1] dari beberapa pendaftar, yang diterima cuma beberapa saja. Misal, yang mendaftar Sunrice sekitar 35-60 orang, yang diterima paling sekitar 7-15 orang saja (soal jumlah memang tidak pasti, tergantung kebutuhan).

[faktanya#2] dari sejumlah orang yang diterima jadi SR, terkadang di luar dugaan! *hmm.. I feel that! hehe..*

>> Pengalaman Menjadi Pendaftar

Ya, waktu itu tahun 2008. Seingatku, waktu itu yang datang recruitment 29 orang (kalo yang daftar berapa, aku belum tidak tahu ya, karena jadi peserta). Waktu itu aku lagi bengek! (dokter : flu berat disertai gejala memuakkan yang lainnya) *hmm… setiap di ruang itu, yang karpetnya berdebu, yang AC-nya dingin, pasti aku bakalan gitu deh!* Waktu itu juga, waktu teman-teman lagi pada presentasi, aku di pojokan, sambil ngantuk! *karena ternyata ada panitia yang menuliskan ‘jangan ngantukan waktu acara’ di kertas pesan dan kesan.. hahaa..* Jadi aku pikir nantinya aku gak bakal diterima, karena kejadian-kejadian itu tadi. Peserta-peserta lain terlihat sehat bugar dan benar-benar bersemangat!

Aku sudah pasrah. Dalam hati ingin bergabung di SR *karena [katanya] kekeluargaan di SUNRICE itu maknyuss banget! >> sudah dibuktikan! ini FAKTA!!*, tapi di sisi lain si ‘bengek’ selalu menghantui,😐. Beberapa hari kemudian, di surat itu, surat pengumuman, tulisannya ‘DITERIMA’! Sampai saat ini, aku juga belum tahu. ‘kenapa? kenapa..? kenapaa..??’ Nanti di akhir pengalaman, bakal aku reka-reka sendiri deh,😀.

>> Pengalaman Menjadi Panitia (HR)

Yah, sudah setahun aku jadi SR. Setelah beberapa kali magang di beberapa divisi, ternyata aku dipercaya buat megang HR bersama 2 SR lain. Nah, di sini nih, aku mulai sedikit paham tentang ‘kriteria’ untuk menjadi SR. Aku juga mulai paham tentang kata-kata ‘SR bukanlah kumpulan orang-orang yang hebat tetapi SR adalah kumpulan orang-orang yang terus mau belajar, berkembang, dan berbagi!’

Kadang-kadang emang orang-orang yang diterima di SR tuh kaget. “Kenapa aku ya? Padahal aku tuh tidak ada apa-apanya dibanding dia (baca : yang gk diterima)”. Jadi sudah pasti, mereka yang BELUM diterima, bukan berati mereka tidak pinter atau tidak pantes masuk SR, tapi SUNRICE percaya kalo mereka pasti bisa berkembang di luar SUNRICE!

Oya, waktu itu yang daftar sekitar 50-an. Tetapi yang mengembalikan formulir 40-an dan yang bisa dateng recruitment hanya 35 orang. Di antara mereka pun, banyak banget yang harus ‘dipertimbangkan’ tetapi karena SUNRICE hanya butuh 9 orang, jadi pasti ada yang belum di terima, ya kurang lebih seperti itu.

Kalau dilihat-lihat, SR itu punya satu karakter yang sama! Mereka DILARANG JAIM dan harus bisa GILA! *Hmm… kalau aku sih masih ada warasnya ya.. Gak tau deh mereka! haha…* Soal karakter yang lain sih, nggak tau deh! hehe… SUNRICE mengusung tema “BHINEKA TUNGGAL IKA” *mau suku dalam negeri sampai luar negeri ada, mau 6 agama yang diakui di Indonesia juga ada, tinggal pilihlah! haha…* dan “SETIAP MANUSIA ITU UNIK (psi : individual differences)

ya simpulannya “Jadi SR itu, emang susah-susah gampang kok!”

BE THE BEST IN EVERYTHING!! 
d(^o^)b

Tinggalkan Balasan

